//
you're reading...
kabar tuban

Sepekan Jelang Lengser, Bupati Tuban Mutasi 119 Pejabat

Seminggu sebelum lengser dari jabatannya, Bupati Tuban Hj Haeny Relawati melantik 119 pejabat eselon IV dan empat Sekretaris Desa (Sekdes).

Prosesi yang mengundang kontroversi itu digelar di Gedung Korpri di kompleks Pendapa Kabupaten Tuban di Jalan Kartini-Tuban, Senin (6/6/2011). Pelantikan dan mutasi disaat kewenanganya akan berakhir tersebut menimbulkan banyak spekulasi pertanyaan besar terhadap kebijakan Bupati Haeny.

Bahkan organisasi kemasyarakatan (Ormas) juga mempertanyakan kebijakan tersebut. Ada yang beranggapan kebijakan tersebut adalah bagian dari upaya mengamankan orang-orangnya.

“Bisa juga kebijakan itu adalah bagian dari balas budi bagi mereka yang naik jabatan, atau juga ‘mengamankan’ para abdi negara yang pada saat Pilkada kemarin telah membantu dia, meski akhirnya kalah telak,” Kata Drs CH Muhtarom yang juga Ketua LSM Yanata Tuban kepada wartawan.

Disisi lain, banyak kalangan masyarakat menyayangkan kebijakan bupati yang akan mengakhiri jabatannya pada 13 Juni 2011 mendatang ini. Terkesan kebijakan itu dipaksakan, meskipun dari sisi hukum Bupati Haeny masih mempunyai hak dan kewenangan untuk mengambil kebijakan strategis.

“Meski tidak menyalahi aturan, namun masyarakat pasti akan menilai kebijakan tersebut tidak populis dan kental nuasan politis, apa lagi masa baktinya tinggal satu minggu lagi,” kata Kasiful Anwar tokoh dari Montong, Tuban ini.

Dikonfirmasi terpisah, Kabag Humas Pemkan Tuban Joni Martoyo menyatakan, mutasi atau pelantikan pejabat baru adalah hal biasa dalam sebuah kepemimpinan, apalagi saat ini banyak jabatan yang kosong selama ini.

“Tidak ada yang salah, itu kan masih kewenangan bupati saat ini. Penyegaran struktur itu diperlukan, dan itu hal biasa dalam birokrasi. Selain secara hukum tidak menyalahi aturan, saat ini banyak jabatan kosong. Sedangkan kalau ada penafsiran lain dari luar itu hak dan urusan mereka,” kata Joni Martoyo.

 

(fat/fat/surabaya.detik.com)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: