//
you're reading...
kabar tuban, Pertambangan

Pro Lingkungan, Semen Gresik Foundation Gandeng Toyota Eco Youth

Untuk membangun pendidikan yang pro lingkungan, PT Semen Gresik melalui Semen Gresik Foundation (SGF) menggandeng Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMI) melalui Toyota Eco Youth (TEY). Jalinan kerjasama bertema karakter lingkungan tersebut diterapkan melalui berbagai kegiatan dan peresmian di SMA Semen Gresik.

“SGF dan TEY mempunya tema yang sama mengenai lingkungan, karena itu kerjasama ini terus kami kembangkan,” kata Direktur Keuangan Semen Gresik, Ahyanizzaman, kepada wartawan dalam acara kunjungan ‘GENBA’ Toyota Eco Youth di SMA Semen Gresik, Jalan Veteran, Sabtu (30/4/2011).

Ahyani menerangkan bahwa kerjasama ini sebenarnya sudah terjalin selama 6 tahun dan terus berkesinambungan. Tema lingkungan menjadi pokok masalah kerjasama karena saat ini umat manusia tengah menghadapi masalah lingkungan yang sangat kompleks sehingga dibutuhkan upaya untuk mengatasinya.

“Upaya tersebut dapat dilakukan dengan pengelolaan lingkungan dan pemahaman pendidikan lingkungan,” tambah Ahyani.

Di Semen Gresik Gresik sendiri, kata Ahyani, pengelolaan lingkungan dilakukan dengan memanfaatkan lahan bekas tambang baik yang berada di Gresik (4 hektar) dan Tuban (10 hektar). Lahan-lahan tersebut akan ditanami dengan tanaman yang bisa bermanfaat.

“Contohnya adalah tanaman jarak pagar yang hasilnya bisa digunakan untuk energi alternatif,” lanjut Ahyani.

Ahyani menambahkan bahwa lahan bekas tambang lain di Gresik yang sudah dimanfaatkan adalah lahan di Kembangan yang dijadikan perumahan dan lahan di Ngipik yang dijadikan tempat pariwisata.

Sementara itu, Ketua SGF, Soesetyoko Soewardi, mengatakan bahwa jalinan kerjasama SGF dengan TEY diwujudkan melalui penanaman pohon, peremian galeri multimedia dan juga perpustakaan. Peresmian galeri multimedia dan perpustakaan dilakukan oleh presdir TMMI, Masahiro Nonami. Galeri multmedia dan perpustakaan akan menjadi wahana yang berisi informasi mengenai lingkungan secara terpadu.

“Tim teknis nantinya akan terus memantau kegiatan dan perkembangan siswa di dalam mengelola lingkungan melalui pusat media lingkungan ini,” ujar Soesetyoko.

Selain SMA Semen Gresik, kata Soesatyoko, sebuah SMA di Yogyakarta juga turut digandeng TEY menjadi model sekolah berbasis lingkungan.

(surabaya.detik.com/iwd/bdh/)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: