//
you're reading...
kabar tuban, Pertambangan

Deutsche Bank janji modali TPPI US$1 miliar

Deutsche Bank menjanjikan pinjaman kepada Trans-Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) sebesar US$1 miliar guna mendukung modal kerja Kilang Tuban dan penyelesaian utang perusahaan tersebut.

Hatta Rajasa, Menteri Koordinator bidang Perekonomian, menganggap itu sebagai minat investasi Deutche Bank setelah mempertimbangkan prospek cerah perekonomian Indonesia.

Selain menjanjikan pinjaman kepada TPPI, Deutche Bank juga tertarik untuk berinvestasi pada sejumlah proyek Indonesia lainnya.

“Namun dia baru membiayai TPPI Kilang Tuban US$1 miliar pada tahun ini,” ujar dia usai bertemu dengan Head of the Corporate and Investment Bank Deutsche Bank Anshu Jain di kantornya, hari ini.

Anshu Jain, kata Hatta, mengatakan perekonomian Indonesia akan tumbuh lebih baik ke depannya, bahkan tidak akan lama akan masuk ke jajaran negara berperingkat investasi (investment grade).

Sejalan dengan semangat pembangunan infrastruktur di Tanah Air, pemerintah Indonesia merayu Deutche Bank untuk ikut membiayai proyek-proyek yang disiapkan.

Amir Sambodo, Staf Khusus Menko Perekonomian, menjelaskan investasi Deutche Bank tersebut berupa pinjaman untuk refinancing TPPI atas utangnya ke pemerintah melalui BP Migas, Pertamina, dan Perusahaan Pengelola Aset (PPA) yang mencapai Rp3,2 triliun.

Selain itu, pinjaman tersebut juga akan digunakan untuk menambah modal TPPI sehingga perusahaan swasta hasil restrukturisasi Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) tersebut bisa beroperasi penuh dari kemampuan saat ini yang ahnaya 60%.

“Deutche Bank ingin masuk karena menganggap TPPI sudah berjalan, pabrik bagus, tapi tidak cukup modal. Dan utangnya besar ke pemerintah,” ujar dia.

(bisnis.com/mrp)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: