//
you're reading...
kabar tuban

PT SG: Tidak ada yang Perlu Dimasalahkan

Amdal Tuban 4 Ditolak Petani

Semen Gresik (SG) meminta petani tidak mempermasalahkan Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) untuk perluasan tambang Tuban IV. Karena, semua mekanisme yang telah ditentukan oleh perundang-undangan dengan memperhatikan aspek lingkungan sosial dan ekonomi secara detil telah dipenuhi.

“Semua tahapan dalam proses Amal tersebut sudah memenuhi syarat kajian akademis,” kata Sekretaris Perusahaan, PT`Semen Gresik (Persero), Sunardi Prionomurti, kepada detiksurabaya.com, di Surabaya, Kamis (8/7/2010).

Sunardi mengakui, jika PT`Semen Gresik akan melakukan perluasan penambangan batu kapur di Desa Tuiri Kulo, Tuwiriwetan, Kapu dan Tegalrejo, Kecamatan Urak, Tuban dengan luas lahan 458.9 ha.

Kegiatan Amdal menurut Sunardi, dalam rangka memenuhi Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No 11 tahun 2006 tentang jenis rencana usaha atau kegiatan yang wajib dilengkapi dengan Analisa Dampak Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal).

Sunardi menambahkan dokumen Amdal disusun sebagai analisa mendalam terhadap dampak yang mungkin terjadi terhadap lingkungan fisik, kimia, biologi, social, ekonomi dan budaya, sehingga dampaknya dapat ditanggulangi atau diminimalkan dengan pengelolaan dan pemantaun. “Dokumen Amdal ini disusun bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian ITS,” ujarnya.

Mengenai tuntutan warga yang menamakan diri kelompok peduli lingkungan dengan menyebutkan diri Gembbel, Sunardi mengatakan, hal tersebut merupakan dinamika masyarakat yang perlu disikapi dengan arif. Kalau ada masukan konstruktif tentu diterima. Namun dingatkan, bahwa kelompok tersebut tidak bertempat tinggal di lahan yang terkena perluasan tambang.

Sebab tambah Sunardi, semua tahapan sosialisasi kepada warga desa sekitar sudah dilakukan dengan melibatkan perangkat dan pihak yang terkait. “Kita ini sudah hidup harmonis dengan masyarakat Tuban puluhan tahun, dan hasilnya bisa dirasakan, tidak ada kamus kegiatan SG akan menyengsarakan rakyat,” imbuhnya.

Sunardi juga memberikan ilustrasi, saat ini kebutuhan semen nasional mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Peningkatan konsumsi semen nasional ini tidak sebanding dengan kapasitas produksi pabrik semen.

Bahkan diprediksikan dengan peningkatan konsumsi semen nasional tersebut, pada awal tahun 2013 akan terjadi shortage semen nasional jika tidak dilakukan peningkatan semen nasional, PT Semen Gresik (Persero) Tbk melakukan pembangunan pabrik semen baru (Tuban IV).

Guna mengantisipasi kenaikan kebutuhan semen nasional, PT Semen Gresik (Persero) Tbk melakukan pembangunan pabrik baru. Cadangan quarry lama untuk menyuplai bahan baku batu kapur. “Untuk itu diperlukan perluasan quarry batu kapur untuk mengantisipasi kebutuhan tambahan bahan baku tersebut,” tandasnya.

(surabaya.detik.com/bdh/bdh)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: