//
you're reading...
kabar tuban

Untung Dua Kali Lipat, Petani Beras Beralih ke Budidaya Melon

Para petani di Tuban, Jawa Timur, saat ini tengah beralih ke usaha bertani melon. Pasalnya, budidaya melon kini menjanjikan keuntungan yang baik dan bahkan bisa beromzet puluhan juta. Awalnya, para petani melon di Tuban beralih ke usaha tersebut setelah sempat mengalami kegagalan panen padi hingga dua kali, sebelum memutuskan untuk bercocok tanam melon.

“Usaha melon yang kami tekuni saat ini memiliki prospek yang cukup baik. Harga melon juga cenderung terus stabil, yakni di kisaran harga Rp 4.000 hingga Rp 4.500 per buah, tergantung ukurannya. Penghasilan kami saat ini bisa dua kali lipat lebih banyak dibandingkan saat bertanam padi,” tutur Abdul Rahim, salah seorang pengusaha melon di Tuban.

Namun, Abdul Rahim juga menyesalkan mahalnya modal awal yang harus dikeluarkan pada awal mengusahakan budidaya melon, yang jumlahnya bisa mencapai Rp 17 juta untuk bertanam melon di tanah seluas setengah hektar. Selain itu, perawatan melon juga relatif sulit, walaupun omzetnya menggiurkan.

Abdul Rahim mengaku penghasilan dari mengusahakan melon bisa mencapai angka Rp 40 juta hingga Rp 45 juta. Saat ini, distribusi melon para petani melon di Tuban tidak hanya terbatas di kawasan sekitar saja, namun juga telah meluas hingga ke Surabaya, Gresik dan Jakarta.

(waspada online/dat03/wol-mdn/metrotv/dita) Editor: ANGGRAINI LUBIS

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: