//
you're reading...
kabar tuban

Pemerintah Kabupaten Tuban Imbau Nelayan Tidak Melaut

Pemerintah Kabupaten Tuban mengeluarkan imbauan agar nelayan di daerah itu tidak melaut karena cuaca buruk yang terjadi selama sepekan terakhir. Tinggi gelombang mencapai dua hingga tiga setengah meter yang disertai angin kencang.

Juru bicara Pemerintah Kabupaten Tuban Gatot Setiyono mengatakan, imbauan dikeluarkan karena situasi perairan di Tuban dan sekitarnya membahayakan keselamatan para nelayan. Imbauan dikeluarkan melalui Dinas Perikanan dan Kelautan Tuban yang ditujukan kepada camat dan desa yang yang berlokasi di kawasan pantai. “Sangat beresiko jika para nelayan tetap melaut,” katanya kepada Tempo, Selasa (29/6).

Mengutip data Dinas Perikanan dan Kelautan, Gatot menjelaskan jumlah nelayan di Tuban mencapai 8.000 orang, yang tersebar di sejumlah wilayah pantai, seperti Kingking, Karangsari, pantai Bom, Palang, Jenu dan Tambakboyo. Mereka terpaksa menambatkan perahunya sambil memperbaiki jaring tangkapan ikan.

Jumadi, salah seorang nelayan asal Kingking mengaku pasrah karena tidak bisa berbuat apa-apa selain berhenti melaut. “Memang berbahaya kalau tetap melaut. Mudah-mudahan cuaca cepat kembali normal,” katanya.

Akibat cuaca buruk, harga ikan laut cenderung naik. Di tempat pelelangan ikan (TPI) Kingking, Ikan kakap putih biasanya Rp 9.000 per kilogram naik menjadi Rp 13.000 per kilogram. Begitu juga ikan cumi yang sebelumnya Rp 8.000 per kilogram menjadi Rp 11.000 per kilogram. Ikan tongkol Rp 4.000 setiap tiga ekor, naik menjadi Rp 6.000.

(Tempo Interaktif/Sujatmiko).

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: