//
you're reading...
kabar tuban

Ekshibisi Selancar Angin Meriahkan Lomba Layar Tradisional Bakorwil Cup

Perairan utara Kabupaten Tuban, utamanya diwilayah pantai Tasikharjo Desa Sugihwaras Kecamatan Jenu Tuban Kamis (24/6) siang kemarin tampak berbeda dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya. Kerumunan warga masyarakat yang hadir saat itu pandangannya terfokus pada ulah atlet selancar angin andalan Pemprov Jatim yang memeriahkan jalannya lomba layar perahu tradisional Bakorwil Wilayah II Bojonegoro Cup.

6 orang atlet diantaranya Kuswanto peraih medali emas di Mistral Class dan Badrul Sahid di RSX Class terus menjadi perhatian warga. Mulai kegiatan menurunkan perangkat selancar, merakit hingga meluncur diatas ombak terus menjadi sorotan warga. Bahkan, gaya hingga jenis pakaian yang dipakaipun juga menarik sorot mata warga masyarakat pesisir. ”Kepada saya para atlet mengaku perairan Tuban bisa dijadikan arena even selancar,” tutur Dimyadi, Ketua Pengcab Persatuan Olah Raga Layar Seluruh Indonesia (PORLASI) Kabupaten Tuban.

Berkaitan dengan lomba, menurut Dimyadi, di even Piala Bakorwil Bojonegoro, ada dua jenis perahu tradisional yang dipertandingkan yakni jenis Onting dan Jaten. Jenis onting diikuti oleh 14 perahu sedangkan Jaten hanya empat perahu. Kedua jenis perahu ini merupakan peralatan tradisional nelayan Tuban dan sekitarnya yang dipakai melaut sehari-hari. Ketika ditanya minimnya peserta, Dimyadi mengakui kalau waktu lomba dikarenakan bersamaan dengan saat ”panen” hasil laut.

”Semua peserta lomba adalah nelayan. Jadi saat ikut lomba mereka mengaku tidak berani spekulasi melepas bulan-bulan rejeki,” tutur Dimyadi.

H Setyadjit, Kepala Bakorwil Bojonegoro yang hadir dalam acara tersebut mengatakan kalau perairan utara Tuban sangat potensi untuk pengembangan olah raga air.

”Dengan suport semacam ini kami berharap kalau olahraga air, seperti dibidang perahu layar tradisional ini tumbuh dan berkembang sehingga menjadi aset wisata,” tutur Setyadjit.

(beritakota/Kh)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: