//
you're reading...
kabar tuban

19 Band Berebut Tiket ke Level Nasional

Peluang untuk rekaman menjadi impian grup musik. Tak salah jika berbagai ajang pencarian bakat pun banyak diserbu. Kemarin 19 band dari Surabaya, Pamekasan, Mojokerto, dan Tuban menunjukkan performa terbaiknya dalam ajang Wanted di 360 Royal Plaza Surabaya.

Wanted merupakan salah satu even yang mengantarkan sejumlah grup ke kancah musik nasional. Di antaranya, D’masiv dan Geisha yang kini tengah berada di puncak karir.

Sembilan belas grup yang kemarin tampil memperebutkan tiket masuk Wanted Camp. Yang dinyatakan sebagai terbaik akan bergabung dengan grup yang berasal dari daerah lain di Indonesia.

“Kami memang membagi berdasar wilayah. Total 20 wilayah untuk seluruh Indonesia,” kata Robert Gautama, manager area marketing PT HM Sampoerna yang berada di balik Wanted. Khusus Jawa Timur, penyelenggara membagi jadi dua wilayah. Selain Surabaya dan sekitarnya, wilayah lainnya adalah Malang, Kediri, Jember, dan Probolinggo.

Menurut Robert, pembagian itu berdasar perkembangan grup musik di Indonesia yang meningkat. Bahkan, animo terbesar datang dari luar Jawa. Sebelumnya, Wanted yang dimulai pada 2007 hanya membagi Indonesia menjadi sepuluh wilayah. “Karena ingin kesempatannya lebih merata, kami melipatgandakan,” ujar Robert.

Di Wanted Camp, mereka akan diberi materi tentang berbagai hal yang dihadapi grup musik saat berada di level nasional. “Mulai cara menulis lagu, membuat klip video, sampai mengemasnya agar komersial,” terang Robert.

Di antara 20 band yang menjalani pelatihan, akan dipilih satu band yang akan mendapat kontrak rekaman. Sisanya akan masuk album kompilasi. Nanti ada enam juri yang menilai mereka berdasar kualitas vokal, penulisan lagu, skill bernyanyi dan bermusik, serta penampilan.

Khusus untuk genre, Krisna J. Sadrach yang menjadi salah seorang juri, mengatakan bahwa tidak ada pembatasan. “Kami ingin yang variatif,” kata pria yang juga menjadi produser tersebut. Selain Krisna, ada Noey Java Jive yang juga dikenal sebagai produser Peterpan sebagai juri.

(jawapos/any/c10/fid)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: