//
you're reading...
kabar tuban

Tuban 2.631 Peserta, Bojonegoro 2.105 Siswa

Program belajar paket A, B, dan C di Tuban bakal diikuti 2.631 orang. ”Rinciannya, 71 orang mengikuti paket A dan 817 orang mengikuti ujian paket B, serta 1.743 orang mengikuti ujian paket C,” kata Kasi Pordikmas Disdikpora Tuban Gembong Sispriyanto.

Jumlah peserta itu lebih tinggi dibandingkan tahun lalu. Namun, Gembong tidak hafal jumlah peserta ujian paket A, B, dan C tahun lalu. ”Yang pasti, lebih banyak tahun ini,” tuturnya.

Menurut dia, peserta paket A tersebar di tiga kecamatan. Sedangkan peserta paket B tersebar di 18 kecamatan dan 7 pondok pesantren (ponpes). Ujian paket A dan B akan dilaksanakan 29 Juni nanti hingga 1 Juli mendatang.

Sementara ujian paket C dilaksanakan 22-25 Juni mendatang. Peserta paket ini tersebar di 16 kecamatan dan 18 ponpes di Tuban. Pelaksanaan ujian dilakukan di masing-masing kecamatan yang mempunyai program paket tersebut.

Gembong menjelaskan, naskah ujian paket A, B, dan C dibuat dari pemerintah. Kemarin (19/6) pagi, disdikpora mengambil naskah itu di Dinas Pendidikan Provinsi Jatim. ”Setelah soal tiba di Tuban akan disimpan di Pordikmas. Dan sesaat akan dilaksanakan ujian, soal akan diserahkan ke masing-masing kecamatan,” tuturnya.

Untuk mengantispasi pelaksanaan ujian yang tidak jujur, disdikpora telah menyiapkan 263 pengawas. Rencananya, setiap ruang berisi dua pengawas. ”Semua pengawas ini berasal dari penyelenggara,” kata Gembong.

Sementara itu, Disdik Bojonegoro hari ini mengambil naskah soal ujian nasional pendidikan kesetaraan (UNPK) paket C di provinsi. ”Dalam pengambilan naskah soal di provinsi, disdik akan meminta pengawalan dari petugas kepolisian polres setempat agar naskah soal terjaga keamanannya,” kata Nandar, kasi Pendidikan Kesetaraan dan Keaksaraan Bidang PNFI Disdik Bojonegoro kepada wartawan koran ini kemarin (19/6).

Setelah itu, setiap UPTD akan mengambil naskah tersebut Senin (21/6) besok dengan pengawalan dari petugas polsek masing-masing. Selanjutnya, naskah diamankan di UPTD setempat.

Nandar menuturkan, jumlah peserta ujian paket C atau setara SMA mencapai 928 siswa. Mereka tersebar di 20 kecamatan. Menurut pria berkaca mata ini, jumlah itu terdiri atas 924 siswa reguler program paket C dan empat siswa pindah jalur formal atau tidak lulus dalam ujian nasinal jenjang SMA Maret lalu.

Untuk ujian paket B atau setara SMP bakal diikuti 1.153 siswa. Rinciannya, 1.134 siswa paket B program reguler dan 19 siswa pindah jalur formal. ”Untuk paket B atau setara SMP akan diikuti siswa yang tersebar di 22 kecamatan. Nanti ujiannya akan bersamaan dengan ujian paket A atau setara SD yang diikuti 24 orang,” jelasnya.

(zak/tis/yan/radar/jawapos)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: