//
you're reading...
kabar tuban

Kecamatan Semanding yang Membutuhkan Perhatian Pemerintah.

Cuaca Tak Menentu, Harga Gerabah Merosot

Harga penjualan hasil kerajinan gerabah khususnya kuwali di Tuban belakangan ini merosot. Melemahanya harga tersebut dikarenakan kondisi cuaca yang tak menentu.

Lilik Rahmati, salah satu perajin gerabah di Kelurahan Karang, Kecamatan Semanding mengungkapkan, harga kuwali kecil misalnya, yang sebelumnya Rp 350, kini turun menjadi Rp 300 per biji. Selain harga turun, jumlah penjualan pun merosot tajam. Dia menuturkan, setiap bulan sebelumnya mampu menghasilkan 3 ribu kuwali, namun kini hanya mendapat seribu kuwali. ”Karena kondisinya sedang hujan sehingga tak bisa membakar gerabah. Padahal, biasanya bulan seperti ini sudah tak hujan lagi,” tuturnya.

Kondisi ini, kata Lilik, diperparah dengan minimnya perhatian pemerintah sehingga para perajin sulit untuk mengembangkan kerajinan ini. ”Dulu memang sempat ada perhatian, tapi sekarang sudah jarang sekali. Ya, akhirnya kami bertahan sendiri guna mencukupi kebutuhan keluarga,” kata dia.

Kabid Perindustrian Dinas Perekonomian dan Pariwisata Tuban, Hari Purnomo ketika dikonfirmasi mengakui kerajinan gerabah di Kelurahan Karang cukup berpotensi. Dia mengungkapkan pada 2008-2009 lalu memang pernah difasilitasi untuk dikembangkan. Namun, untuk tahun ini Pemkab Tuban belum bisa memfasilitasi. Menurut Hari, untuk tahun ini difokuskan untuk pengembangan kerajinan di Desa Pandanwangi, Kecamatan Soko. ”Sementara tahun depan kami fokus kerajian gerabah di Kecamatan Grabagan. Karena kondisi bahan baku cukup mendukung,” terangnya.

Meski demikian, pihaknya tetap berusaha semaksimal mungkin untuk mengembangkan semua potensi yang ada di Bumi Ronggolawe.

(radarbojonegoro/zak/wid)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: