//
you're reading...
kabar tuban, Pertambangan

Bangun Pabrik, Cari 1.000 Pekerja

PT Holcim Indonesia Tbk terus mematangkan rencana pembangunan pabriknya di Tuban yang diperkirakan dimulai akhir tahun ini. Untuk kebutuhan proyek konstruksi, produsen semen ini bakal membutuhkan sekitar 800-1.000 pekerja.
Corporate Communication Holcim Deni Nuryandain mengatakan, besaran kebutuhan pekerja yang akan dilibatkan dalam proyek tidak bisa dihindari, terutama saat puncak pembangunan. Apalagi pihaknya berharap, pabrik semen berkapasitas 4.000 ton per hari itu bisa mulai beroperasi akhir 2012 atau awal 2013.

“Kebutuhan pekerja itu melalui perusahaan konstruksi yang terlibat dalam proyek pembangunan yang memiliki spesifikasi seperti diinginkan Holcim,” papar Deni di Surabaya, Rabu (31/3).

Ia berharap, para kontraktor bisa melibatkan pekerja dari masyarakat sekitar lokasi pabrik. Sistem hubungan kerja antara pekerja dengan perusahaan konstruksi kemungkinan bersifat kontrak, meski sebagian akan menggunakan kontrak jangka panjang.

Dengan dimulainya pembangunan pabrik di Tuban, lanjut Deni, diperkirakan nantinya memberikan efek domino cukup besar, mengingat akan banyak bidang usaha lain yang terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung.

“Seperti warung makanan minuman, kontrak rumah atau kos, yang notabene juga menyerap tenaga kerja,” ujarnya.

Ketika Holcim mulai beroperasi, pihaknya kemungkinan akan melibatkan sekitar 250-270 tenaga kerja. Dari jumlah itu, sekitar 70 persen akan merekrut karyawan baru, sisanya dari karyawan tetap yang sudah ada. Mereka bisa diambilkan dari pabrik di Cilacap, Jateng, atau Narogong, Bogor.

“Mereka tetap melalui seleksi, karena kita ingin karyawan Holcim memiliki kualitas skill memadai. Meski kami juga mengutamakan karyawan dari warga sekitar pabrik,” sebut Deni.

Semua pabrik yang dimiliki Holcim, diakuinya, selalu mengutamakan sisi lingkungan. Dua pabriknya di Cilacap dan Narogong mengantongi predikat sebagai green industry dan green product dari Kementerian Perindustrian. “Hal ini akan kami terapkan juga di Tuban,” imbuh Deni.

Proses Akhir

Sementara itu, meski pengajuan sudah dilakukan sejak 2008, hingga saat ini PT Holcim Indonesia masih belum mendapatkan izin melakukan penambangan maupun operasional.

Padahal, menurut GM PT Holcim Indonesia Budi Raharjo, pihaknya sudah melengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan.

“Semuanya dalam proses akhir, termasuk izin penambangan dari Pemkab Tuban, terkait pembangunan pabrik (Holcim). Sedang dokumen Amdal (Analisis Dampak Lingkungan) sudah kita kantongi sejak lama,” ujar Budi, Rabu (31/3).

Ia menjelaskan, selain menunggu proses perizinan, pihaknya juga menunggu proses akhir investasi dari kantor Pusat Holcim di Swiss, terkait rencana pembangunan pabrik seluas 1.050 hektare di Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban.

Menurut Budi, persiapan yang sudah dilakukan di antaranya, mulai dibangun pagar mengelilingi lokasi, tenaga kerja, dan proses pelelangan peralatan pabrik sejak Desember tahun lalu.

“Butuh waktu sekitar enam bulan untuk lelang peralatan pabrik yang melibatkan perusahaan-perusahaan bertaraf internasional ini,” sambung Budi.

(ndio/st31/surya.co.id)

Diskusi

One thought on “Bangun Pabrik, Cari 1.000 Pekerja

  1. yth.GM PT.HOLCIM saya warga bojonegoro info tentang syarat lowongan kerjanya bs didapat dmn,mhn balasanya di email sy terima kasih

    Posted by chris hestian dilaga | 10 Mei 2010, 14:34

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: