//
you're reading...
kabar tuban

Anggota DPRD Diduga Terlibat

Korupsi DAK Bidang Pendidikan Rp 29,7 M

Salah satu anggota DPRD Tuban diindikasi terlibat kasus korupsi pembelanjaan dana alokasi khusus (DAK) 2009 bidang pendidikan senilai Rp 29,7 miliar. Keterlibatan wakil rakyat yang berperan sebagai rekanan penyedia mebeler ini adalah me-mark up harga pembelian.

Untuk kepentingan penyelidikan, Kasatreskrim Polres Tuban Iptu Budi Santoso meminta wartawan koran ini merahasiakan nama anggota dewan tersebut. Diterangkan dia, peran oknum wakil rakyat ini adalah membengkakkan harga pengadaan meja-kursi kayu jati. Harga tertinggi per set mebeler ini hanya Rp 450 ribu. Bahkan, ada yang harganya hanya Rp 400 ribu per set. Harga sarana belajar inilah yang kemudian digelembungkan menjadi Rp 700 ribu per set.

Budi lebih lanjut mengatakan, dari pemeriksaan sejumlah saksi, untuk sementara diketahui wakil rakyat ini hanya terlibat pengadaan mebeler SDN di wilayah Kecamatan Plumpang dan Jenu. ”Ini sementara. Sangat mungkin, sekolah di kecamatan lain penyedia jasanya juga dia,” tegas mantan Kaurbinops Reskrim Polres Tuban ini.

Budi menambahkan, dalam penyelidikan kasus tersebut, penyidik mendapat petunjuk berharga dari saksi berinisial Ks. Dalam pemeriksaan, pengusaha mebeler ini mengaku mendapat order pengadaan meja-kursi dari wakil rakyat tersebut. ”Saksi ini mengakui semua karena dirinya tidak mau dikorbankan,” tegas perwira dengan pangkat balok dua di pundak ini.

Pembelanjaan anggaran DAK 2009 bidang pendidikan senilai Rp 29,7 miliar untuk 119 SD se Tuban diindikasi banyak penyimpangan. Kasus inilah yang sekarang dibidik Unit II Satreskrim Polres Tuban.

Penerima DAK 2009 bidang pendidikan di Tuban sebanyak 119 SD. Masing-masing lembaga pendidikan tersebut menerima dana Rp 250 juta. Sumbernya, dari APBN sebesar Rp 221 juta dan APBD Kabupaten Tuban Rp 29 juta. Berdasar petunjuk pelaksanaan (juklak), anggaran pendidikan tersebut untuk membiayai rehab gedung sekolah, sarana air bersih, MCK, rehab ruang UKS, dan mebeler.

 

 

(radar bojonegoro/ds/wid)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: