//
you're reading...
kabar tuban

UN di Tuban Terindikasi Ada Kecurangan

Forum Peduli Pendidikan Indonesia (FPPI) Tuban menemukan 11 kecurangan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di wilayah Kabupaten Tuban. Selain melibatkan pengawas, kecurangan juga dilakukan peserta UN.

Hal itu disampaikan, Reza Sihabuddin Habibie, kordinator FPPI Tuban. Pihaknya menemukan sejumlah indikasi kecurangan dan ketidakjujuran dalam pelaksaan UN. Temuan itu sudah tercium pihak FPPI Tuban sejak hari pertama (22/3/2010).

Menurut Reza, ada 11 indikasi kecurangan dan ketidakjujuran dalam pelaksanaan UN. Yakni, pengawas membiarkan peserta saling bertukar soal, pengawas membiarkan peserta membawa ponsel di ruang ujian, pengawas bebas mengaktifkan ponselnya di ruang ujian, ke luar masuknya siswa tidak diperiksa, pengawas membiarkan peserta memberi tahu jawaban satu sama lain asal tidak gaduh, terdapat guru mata pelajaran (mapel) yang menjadi panitia dan pengawas, serta pengawas tidak mengecek kartu peserta ujian, juga membiarkan orang lain yang bukan pengawas atau peserta ujian masuk ke ruang ujian.

“Semua indikasi itu jelas bertentangan dengan Pedoman Teknis Pelaksanaan Ujian Nasional yang ditetapkan Departemen Pendidikan Nasional,” tegas Gus Reza sapaan akrab Reza Sihabudin Habibie, kepada wartawan di Tuban, Selasa (23/3/2010).

Gus Reza yang juga pengasuh Ponpes Ashomadiyah Tuban ini menambahkan, pihaknya mencurigai ada unsur kesengajaan yang dilakukan panitia. Mereka melonggarkan pengawasan UN lantaran khawatir hasil yang dicapai jelek.

“Panitia yang terdiri dari para kepala sekolah tidak ingin siswanya dapat nilai jelek, apalagi sampai tidak lulus, karena akan mencemarkan sekolah. Makanya, berbagai upaya dilakukan untuk membantu siswanya bisa lulus, sukur dengan nilai bagus,” tambah Gus Reza.

Reza mengaku telah menyampaikan hasil temuan tersebut ke Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Pemkab Tuban. Dia berharap instansi tersebut segera mengambil langkah-langkah antisipatif agar hasil UN bisa dipertanggungjawabkan.

Dikonfirmasi terkait temuan tersebut, Plh Kepala Disdikpora Tuban Sutrisno, belum bisa memberikan keterangan terkait temuan kecurangan tersebut. “Nanti saja ini kita masih rapat membahas masalah itu,” kata Sutrisno saat dihubungi.

(fat/fat/detik surabaya)

Diskusi

One thought on “UN di Tuban Terindikasi Ada Kecurangan

  1. mari kita bersama sama tingkatkan mutu dan kualitas pendidikan,,,

    Posted by loetfie asyam | 28 April 2010, 17:35

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: