//
you're reading...
kabar tuban, Pertambangan, Tentang Tuban

PT Holcim Akan Bangun Pabrik di Tuban

PT Holcim Indonesia Tbk (SMCB) berencana membangun pabrik semen dengan kapasitas 1,7 juta ton di Tuban, Jawa Timur. Perseroan tengah melakukan pembicaraan dengan manajemen Holcim International terkait rencana tersebut.

“Kami berencana membangun pabrik semen di Tuban dengan kapasitas 1,7 juta ton,” ujar Direktur Keuangan SMCB Olaf Mahe usai RUPS Tahunan di Gran Melia, Jakarta, Senin (8/3/2010).

Saat ini, kapasitas produksi per tahun untuk klinker dan semen perseroan sebesar 8,3 juta ton per tahun. Dengan adanya penambahan kapasitas tersebut, kapasitas produksi SMCB akan meningkat menjadi 10 juta ton.

Olaf mengatakan, sebenarnya rencana pembangunan pabrik baru ini sudah sejak 1-2 tahun lalu. Namun hingga saat ini belum dapat direalisasikan lantaran belum mendapat restu dari manajemen Holcim International selaku induk usaha perseroan.

“Kami masih melakukan pembahasan dengan Holcim pusat,” ujarnya.

Sayangnya, ia belum dapat membeberkan detil investasi yang dibutuhkan terkait rencana pembangunan pabrik tersebut. Namun perseroan akan menyisihkan laba bersih yang diperoleh tahun 2009 sebesar Rp 896 miliar dalam saldo laba ditahan. Oleh sebab itu, SMCB belum berencana membagikan dividen tahun 2009.

Selain untuk investasi, laba ditahan juga dilakukan lantaran perseroan masih mengalami retain loss, sehingga secara standar akuntansi keuangan, dividen belum bisa diberikan kepada pemegang saham.

“Untuk dividen tidak ada di tahun ini. Paling cepat 4 tahun lagi. Revaluasi aset untuk bayar dividen, tidak bisa. Dividen harus didapatkan dari operasional,” kata Olaf.

RUPS Tahunan juga menyetujui perubahan susunan dewan komisaris. RUPS mengangkat Arief T. Surowidjojo sebagai Wakil Presiden Komisaris, serta mengangkat Rozik Boedioro Soethipto dan John D. Rahmat sebagai Komisaris Independen.

Sementara yang mengundurkan diri adalah Tom Clough, Dr Kuntoro Mangunsubroto.

Berikut susunan Dewan Komisaris SMCB yang baru:

Presiden Komisaris Paul Hugentobler.
Wakil Presiden Komisaris Arief T. Surowidjojo.
Komisaris Madan Lal Narula.
Komisaris Renee Zecha.
Komisaris Independen Kemal A. Stamboel.
Komisaris Independen Rozik B. Soetjipto.
Komisaris Independen John D Rachmat.

(bdh/bdh/detik.com)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: