//
you're reading...
kabar tuban

Ratusan Hektare Tanaman Cabe di Tuban Puso

Musim kemaru di Kabupaten Tuban belakangan ini terus memakan korban. Kali ini ratusan hektare tanaman cabe di Kecamatan Grabagan mati.

Bahkan karena kesal dengan tanamannya yang mulai layu dan tidak berkembang lagi, para petani mulai mencabuti tanamannya. Pantauan beritajatim.com di lapangan, Selasa (4/8/2009) menyebutkan, di antara tanaman cabe yang banyak mati adalah di Desa Gembong, Kecamatan Grabagan.

Rata-rata para petani mengeluh, musim kemarau tahun ini lebih maju dan kondisinya cukup parah dibandingkan dengan tahun sebelumnya. “Kalau tahun lalu, kami sudah hampir selesai memanen cabe. Namun, tahun ini baru mulai sudah dihantam kekeringan,” kata Titin (38) salah seorang petani.

Diterangkan, kekeringan lahan untuk tanaman cabe hampir bersamaan dan merata menimpa seluruh desa di Kecamatan Grabagan, Tuban.”Kalau ada hujan sedikit saja, mungkin masih bisa tertolong. Namun, ini sudah parah,” tambahnya.

Dijelaskan, akibat kondisi tanah pegunungan yang panas, daun-daun yang sempat menempel pada ranting-ranting pohon cabe saat ini sudah tidak tampak lagi. “Tak hanya daun, buah cabe yang awalnya masih tersisa saat ini sudah menciut dan jatuh. Pohonnya pun menjadi meranggas,” tambah Wibawanto (43) petani lain.

Dijelaskan, petani terpaksa mencabuti tanaman yang sudah kering tersebut untuk dibawa pulang dan dijadikan kayu bakar. “Kalau ditanya kerugian, rata-rata setiap petani harus menanggung antara Rp 14 juta sampai Rp 17 juta untuk setiap hektarnya,” katanya. (beritajatim)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: