//
you're reading...
kabar tuban, Makam Sunan Bonang, Sunan Bonang, Wisata Tuban

Situs Sunan Bonang Akan Dibongkar

Pendapa Rante, merupakan dua situs yang bersejarah di komplek makam Sunan Bonang Tuban. Saat ini Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Trowulan, Mojokerto sedang mengkaji untuk melakukan pemugaran dua situs bersejarah tersebut.

Senin kemarin (27/7) Kepala BP3 Trowulan, Aris Noviani bersama tim datang ke kompleks makam Sunan Bonang untuk mengkaji rencana pemugaran tersebut.

Menurut sejarah, Pendapa Rante adalah semacam tempat peseban atau pertemuan antar santri. Bangunan berukuran 6 x 4 meter ini hanya berupa atap bersirap kayu jati yang ditopang dengan empat pilar kayu. Bangunan ini tak berdinding dan hanya berlantai keras. Posisinya pendapa ini berada di dalam pelataran antara pintu gerbang utama dengan pintu gerbang masuk kompleks makam.

Dua situs bersejarah tersebut selama ini tak terlihat jelas karena tertutup pedagang souvenir di sekitar makam. Bahkan, tempat ini juga dipakai tempat meletakkan barang dagangan.

Aris Noviani kepada Radar Bojonegoro melalui ponselnya mengatakan pihaknya belum menentukan anggaran dalam pemugaran tersebut karena masih dalam kajian. Dia memastikan dari sirat khususnya yang sebagian besar dalam kondisi lapuk. “Ini yang akan diganti. Sirat yang masih utuh akan kami jadikan contoh untuk merekonstruksinya kembali,” kata dia.

Selain BP3, lanjut Aris, penggantian tersebut nantinya akan melibatkan orang dan kelompok yang peduli dengan pelestarian cagar budaya.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: