//
you're reading...
kabar tuban, Tuak

Tuak Jadi Bahan Bakar

Kabupaten Tuban yang menjadi penghasil tuak dari pohon siwalan, memberi inspirasi kepada Dinas Pertambangan dan Energi setempat untuk memanfaatkan minuman keras itu agar tidak sekedar jadi minuman memabukkan.

Tuak yang kaya kandungan alkohol sebagai hasil fermentasi, disuling hingga menghasilkan ethanol sebagai bahan bakar. Setelah melakukan beberapa kali percobaan selama satu bulan terakhir, tim yang didampingi oleh Muji Slamet, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Tuban ini mampu menghasilkan ethanol yang bisa menyalakan kompor.

Rabu (15/7) siang, tim ini melakukan uji coba kelima kalinya. Dalam uji coba yang dilaksanakan di ruang pertemuan kantor dinas di Jl Manunggal, Tuban ini, tim memeragakan semua proses penyulingan, mulai awal hingga tuak berubah menjadi ethanol, atau istilah laboratoriumnya ethyl alcohol.

Tuak sebanyak 10 liter dimasukkan ke dalam sebuah bejana yang dimodifikasi dari dandang pelat tipis. Kemudian direbus dengan panas api dibawah 100 derajat celcius. Karena panas, alkohol yang mempunyai titik didih lebih rendah dan air itu menguap, dan dialirkan melalui pipa yang terpasang di ujung tutup dandang.

“Agar hasilnya tidak dalam keadaan panas, selang ini kita alirkan didalam sebuah bak yang berisi air dingin,” kata Muji Slamet.

Tak sampai 1 jam, 10 liter tuak berubah menjadi 1,3 liter ethanol dengan kadar 60 sampai 90 persen. Setelah itu, tim langsung mencoba ethanol hasil penyulingan untuk menyalakan kompor.

(SURYAonline)

Diskusi

4 thoughts on “Tuak Jadi Bahan Bakar

  1. saya Faulina dari salah satu program anak di Trans 7. Saya tertarik ingin mengetahui lebih jauh tentang penggunaan tuak menjadi bahan bakar alternatif. Bisakah saya meminta info nomor kontak pihak terkait untuk bertanya-tanya lebih lanjut? Mohon infonya via e-mail saya di atas. Terimakasih.

    Posted by faulina | 23 Juli 2009, 08:52
  2. Sesungguhnya Allah Swt Tuhan Yang maha esa menciptakan segala yang ada dilam dunia ini dari yang hidup, mati lagi dan kemudian suatu proses kimia alam hidup lagi dalam bentuk lain ada manfaatnya pasti bermanfaat sekaligus memberikan mudhorot, itulah sebuah ilmu pengetahuan. Walau namanya sja bikin orang gemes Toak atau Tuak adalah produk tuban yang dihasilkan dari tumbuhan jenis Bogor, banyak kita jumpai tumbuhan ini dibumi ronggolawe. Kami berharap semoga para penyemangat manggali metode baru secara ilmiah untuk menghasilkan sesuatu yang memberikan manfaat dapat berhasil itulah kebesaran Tuhan, terhadap hasil ciptaannya dan itu terjadi bukan suatu kebetulan tetapi memang karena, kudrot dan irodat-Nya. Selamat semoga berhasil. Kang Carik Sumurgung Tuban

    Posted by ZULQURNAIN | 6 Agustus 2009, 16:08
  3. askum,, saya afifah…
    saya sangat tertarik dgn adanya berita ni.. kalau boleh saya ingin mengambil berita ini untuk bahan tugas akhir semester saya. andai saya boleh tw, siapa orang yg tepat untuk saya wawancarai???

    Posted by afifah | 24 Februari 2010, 08:06
    • Anda bisa menghubungi dinas terkait. Bapak Muji Slamet, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Tuban, di Jl Manunggal, Tuban.
      Mohon maaf balasan sangat terlambat.

      Posted by Redaksi | 16 Maret 2010, 19:55

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: