//
you're reading...
kabar tuban

Pemasangan Pipa Blok Cepu Tahap Akhir Rampung

DETIKcom. Kontraktor proyek migas di Blok Cepu akhirnya berhasil memasang pipa 10 inchi sepanjang 10 km di Tuban. Pipa ini adalah tahap terakhir rangkaian pipa yang dibutuhkan untuk mengalirkan minyak dari Blok Cepu dengan total panjang pipa 37 km.

Menurut Deputy Operasional BP Migas, Edy Purwanto, saat ini tim BP Migas telah melakukan sertifikasi atas pipa tersebut.

“Status pipa 10 inchi sudah terpasang, dalam proses pembersihan, hydrotest. Tim migas akan ke lapangan senin untuk sertifikasi,” ujar Eddy dalam pesan singkatnya, Senin (22/6)

Sebelumnya, pemasangan pipa 10 inchi ini terkendala izin dari pemerintah daerah Tuban. Akibat alotnya izin tersebut, produksi minyak dari Blok Cepu pun harus tertunda karena pipa untuk mengalirkan minyak hasil produksi belum tersedia.

Kondisi ini tentu membuat pemerintah pusat gerah dan mendesak agar pemda mengeluarlan izin tersebut. Izin pemda pun akhirnya terbit dan kini pipa 10 inchi itu terpasang.

Menanggapi hal ini, Menteri ESDM, Purnomo Yusgiantoro berharap kendala pipa tersebut bisa diselesaikan. Sehingga produksi Blok Cepu bisa cepat mencapai targetnya, yaitu 20.000 barel per hari. Bahkan jika dimungkinkan, ia meminta agar produksi sebesar itu bisa dipercepat diselesaikan. Sehingga produksi Blok Cepu bisa cepat mencapai targetnya, yaitu 20.000 barel per hari. Bahkan jika dimungkinkan, ia meminta agar produksi sebesar itu bisa dipercepat dari target awalnya yaitu Agustus 2009.

“Kita ingin diselesaikan cepat agar bisa berproduksi 20.000 barel per hari. Kalau bisa dipercepat kenapa tidak?” tandas Purnomo di acara peresmian PLTP Wayang Windu Unit II, di Pangalengan, Bandung, Jawa Barat.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: