//
you're reading...
kabar tuban

30 Persen Plesengan Jembatan Soko Rusak

Jembatan Glendeng-Soko (wikimapia.org)

Jembatan Glendeng-Soko (wikimapia.org)

Jembatan sepanjang 150 cm yang menghubungkan Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban dengan Kabupaten Bojonegoro tidak hanya pondasinya yang mengalami kerusakan. Namun, sebagian plengsengan struktur utama jembatan itu pun mengalami kerusakan. ”Kerusakan plengsengan sekitar 30 persen,” kata Kepala Dinas PU Choliq Qunnasich saat dikonfirmasi Radar Bojonegoro kemarin (10/5). Kerusakan itu terjadi disebagian plengsengan pada struktur utama jembatan. Namun, secara rinci, dirinya belum bisa menyebutkan. ”Kerusakanya lumayan,”jelasnya. Menurut dia, hal itu diakibatkan gerusan air Bengawan Solo yang cukup tinggi serta banyaknya penambang pasir.Diberitakan sebelumnya, diduga akibat gerusan air bengawan solo, pondasi jembatan yang menghubungkan Soko, Tuban-Bojonegoro mengalami keretakan 50 cm. Akibatnya terjadi penurunan permukaan sekitar 3 cm. Selain itu, penambang pasir dengan menggunakan mesin menjadi salah satu penyebab terjadinya kerusakan.

Dia menegaskan, saat ini pihaknya masih menyusun rencana anggaran untuk perbaikan jembatan tersebut yang kemudian akan diusulkan. ”Ini masih dihitung dan akan diusulkan, jadi belum tahu berapa anggaranya,” tuturnya. Meski demikian, Dinas PU menargetkan pada akhirnya tahun 2009 ini semua perbaikan sudah selesai. ”Biar nanti saat musim hujan tidak parah,” tegasnya.

Agar kerusakan itu tidak terlalu besar, Dinas PU beharap agar para penambang dengan menggunakan mesin disel tidak beroperasi. ”Setelah kami cek, penambang pasir sepi. Tidak seperti hari-hari sebelumnya,” ungkapnya. (radar bjn,zak)

Diskusi

2 thoughts on “30 Persen Plesengan Jembatan Soko Rusak

  1. Ya semoga pemda tuban tanggap dalam hal ini, karena kalau terputus jembatan ini, roda perekonomian antara tuban-bojonegoro akan lumpuh.

    Posted by pks tuban | 21 Mei 2009, 20:40
  2. Tuban Sekarang memasuki zaman kegelapan setelah era reformasi. Lihat itu proyek dan kekayaan alam yang hanya dikuasai keluarga penguasa. Semoga tahun 2011 nanti ada perubahan besar

    Posted by Kasan | 26 Mei 2009, 11:48

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: