//
you're reading...
kabar tuban

Tiga Polsek Kepung Jalan Gedongombo

Razia Trek-trekan, Amankan 27 Motor

Sepanjang Jalan Gedongombo yang tiap akhir pekan dijadikan tempat mangkalnya pemuda dan ajang trek-trekan motor, Sabtu (7/3) malam hingga Minggu dini hari dikepung 35 personel gabungan Polsek Tuban, Polsek Semanding, Polsek Merakurak, dan Satlantas. Dalam operasi tersebut terjaring 27 motor tanpa dilengkapi surat tanda kendaraan bermotor (STNK).

Razia tersebut cukup taktis. Tiga mobil patroli dari tiga Polsek tersebut ditempatkan pada kedua ujung jalan ini sebagai blokade penutup jalan. Sementara mobil dan motor patroli lain menjaring di dua pintu gerbang Perumahan Gedongombo, salah satu akses keluar dari Jalan Gedongombo. Selebihnya, mobile (berjalan) menjaring.

Begitu petugas menyisir, sejumlah pemuda meninggalkan begitu saja motornya. Sebagian motor tersebut protolan dan tanpa pelat nomor. Selain di pinggir jalan dan trotoar, sebagian motor ditinggalkan di semak-semak.

Motor-motor inilah yang kemudian dikumpulkan petugas dan kemudian diamankan di Mapolres Tuban. Selain menyusuri jalan, petugas juga memasuki halaman dua kafe di jalan tersebut untuk memeriksa surat-surat kendaraan pengunjung kafe tersebut. Motor yang tidak dilengkapi STNK langsung diamankan.

Selain kendaraan, petugas juga menggeledah para pemuda yang kemungkinan membawa senjata tajam (sajam) atau obat-obatan terlarang.

Saat razia berlangsung, sejumlah pemuda yang mulutnya berbau alkohol memprotes petugas. Mereka menolak ditilang karena tidak sedang mengemudikan motor. ”Motor saya kan parkir. Mengapa tilang. Apa dasar hukumnya,” kata salah satu pemuda berkacamata. Bahkan, dua pemuda Desa Glodok, Kecamatan Palang mengumpat-umpat petugas karena motornya tidak berpelat nomor dibawa.

Jalan ini tiap akhir pekan selalu jadi tempat mangkalnya ratusan pemuda. Bahkan, trek-trekan yang terkadang disertai perjudian dihelat hingga dini hari. Selama ini, polisi yang merazia selalu diledek. Minimnya kekuatan polisi yang diturunkan selalu dibuat kucing-kucingan pemuda.

Kapolsek Tuban AKP Yani Susilo didampingi Kapolsek Semanding AKP Mardiyah pengendali lapangan operasi tersebut mengatakan, operasi tersebut tidak hanya menertibkan trek-trekan motor. Namun, juga meminimalisasi penyakit masyarakat (pekat) dan pencurian kendaraan bermotor (curanmor). ”Operasi ini akan jadi agenda rutin yang jadwalnya kita rahasiakan,” kata dia.

(radarbojonegoro)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: