//
you're reading...
kabar tuban

Mengintip Antusias Umat TITD Kwan Sing Bio dalam Pemilihan Pengurus/Penilik

Meski Stroke Tetap Datang, Pilih Calon yang Biayai Obat

Pemilihan pengurus/penilik Tempat Ibadah Tri Darma (TITD) Kwan Sing Bio Tuban begitu berarti bagi seluruh umatnya. Antusias mereka mengikuti pesta demokrasi ini pada Kamis lalu (5/3) mengalahkan pemilu legislatif (pilleg) maupun pemilihan presiden (pilpres).


Liem Kiem Hwa, 70, tak cukup kuat untuk berdiri. Untuk menegakkan badannya saja, dia harus berpegangan pada dua tongkat kayu. Apalagi untuk berjalan. Dengan kondisi inilah selama bertahun-tahun dia hanya berdiam diri di rumah. Namun, dalam pemilihan pengurus/penilik TTID Kamis (5/3), Kiem memaksakan diri datang ke kelenteng. Dari rumahnya di Jalan KH Agus Salim 70, dia naik mobil jemputan bersama anak sematang wayangnya, Erni Setyowati, 18. Begitu turun mobil jemputan, manula ini dituntun anaknya menuju tempat pemungutan suara (TPS).

Mendekati TPS, anggota panitia pemilihan ikut menuntun sekaligus membimbingnya menuju bilik suara dan kotak suara. Kiem adalah salah satu dari belasan manula umat kelenteng yang tak ingin kehilangan suaranya dalam pesta demokrasi tersebut. Manula lainnya yang ikut pemilihan adalah Wong Kwen Siong, 90, dan Ay Lian alias Indah Mulyani, 52. Umat yang disebut terakhir mengalami kelumpuhkan salah satu kakinya akibat stroke. Karena itulah, untuk memberikan hak suaranya, ibu dua anak ini terpaksa dituntut kerabatnya.

Dalam kondisi lemah pun, umat tetap ingin mencoblos. Antusias mereka sangat berbeda ketika pilleg maupun pilpres. Sebagian di antara mereka mengaku tidak datang, meski bilik suaranya jauh lebih dekat dengan rumah.

Begitu juga dalam acara kerohanian seperti sembahyang hari-hari besar di kelenteng.

Pemilihan pengurus/penilik kelenteng adalah hari yang begitu bermakna bagi umat kelenteng (beragama Konghuchu, Tao, dan Budha). Dalam pesta demokrasi inilah, mereka berharap calonnya terpilih. Setelah duduk di kursi pengurus atau penilik, calon mereka inilah yang nantinya

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: