//
you're reading...
kabar tuban

Banjir Bandang Putus Jalur Jatirogo – Bojonegoro

Banjir Jatirogo, Tuban

Banjir Jatirogo, Tuban

Hujan deras yang menerpa wilayah Kecamatan Jatirogo dan Kecamatan Parengan, Tuban menyebabkan permukaan air di Kali Kening di meluap. Bahkan, air bah dari anak Sungai Bengawan Solo menyebabkan akses jalan utama Jatirogo-Bojonegoro lewat Parengan terputus.

Jalan yang putus diantaranya di kawasan Dusun Ponco, Desa Suciharjo, Selogabus dan Desa Sembungrejo, keduanya di wilayah Kecamatan Parengan. Hanya truk besar yang berani masuk kawasan ini, karena lubang jalan cukup dalam.

Sedangkan ketinggian air di kawasan tersebut, berkisar 50 cm hingga 1,5 meter. Pengendara kendaraan, tak berani memaksakan masuk karena arus tinggi dan airnya bercampur Lumpur.

Informasi yang dihimpun detiksurabaya.com dari warga di lokasi bencana menyebutkan, air bah bercampur lumpur mulai datang tengah malam tadi. Banjir bandang terjadi akibat air di Sungai Kening meluap karena curah hujan sangat tinggi, di wilayah hulu sungai di kawasan Kecamatan Jatirogo, Tuban sejak Kamis sore hingga Jumat pagi.

“Banjir bandang ini mulai datang pada jam satu malam tadi. Tidak tahu, sekarang airnya masih saja belum surut,” ujar Sudibyo (43), warga Desa Suciharjo, Kecamatan Parengan, Tuban saat ditemui di desa setempat, Jumat (6/3/2009) siang.

Menurut warga, meluapnya Sungai Kening kali ini termasuk terbesar dari kejadian sebelumnya. Jika biasanya hanya meluber di sejumlah desa di wilayah Parengan, kini air meluber hingga perbatasan wilayah Kecamatan Singgahan.

Namun demikian, belum ada informasi adanya korban meninggal dari kejadian tersebut. Termasuk juga luasan lahan sawah yang direndam air bah Sungai Kening tersebut.

Kades Selogabus, Kecamatan parengan, Tuban, Mustain, saat dihubungi detiksurabaya.com di lokasi bencana menyatakan banjir makin membesar dan mengancam permukiman penduduk dan persawahan. “Satu jam lagi kalau air tidak surut, akan meluber kemana-mena,” kata Mustain.

(surabaya.detik)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: