//
you're reading...
kabar tuban, Pertambangan

Deposit Minyak PetroChina di Tuban Menyusut

Deposit minyak di sumur Mudi milik PetroChina di Desa Rahayu, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, Jawa Timur berangsur menipis. Dalam sehari dari 18 titik Sumur Mudi ini hanya menghasilkan 2.000 barel per hari.

Padahal sebelumnya, diawal eksploitasi akhir tahun 1997 mampu mengeluarkan minyak 20.000 barel per hari. Bahkan sempat pula produksi minyak mentah hingga 22.000 barel per hari, pada kisaran awal tahun 2000.

“Kondisi Sumur Mudi saat ini memang rata-rata hanya menghasilkan 2.000

Petrochina, Rahayu, Soko

Petrochina, Rahayu, Soko

barel sehari. Makanya kami berupaya akan melakukan pengeboran sumur baru,” kata Fild Manager JOB Pertamina-PetroChina East Java, Sukarnoto Sukimin kepada detiksurabaya.com� usai acara perkenalan dengan wartawan di rumah makan MCM Bojonegoro, Rabu (4/3/2009).

Menutut Sukarnoto Sukimin, produksi kontraktor PetroChina paling besar saat ini dari Sumur Sukowati, Bojonegoro. Dari delapan unit sumur yang diproduksi, menghasilkan 26.000 barel per hari. Sehingga, bisa menutup kekurangan produksi sumur Mudi di wilayah Tuban tadi.

Untuk kepentingan produksi, saat ini PetroChina akan melakukan pengeboran di sumur baru di wilayah Desa Pandanwangi, Kecamatan Soko, Tuban. Lokasinya sekitar 1,5 Km arah selatan dari Sumur Mudi di Desa Rahayu.

“Sesuai hasil studi seismik yang sudah dilakukan, di lokasi sumur baru di Desa Pandanwangi ada potensi deposit hingga 30 juta barel. Jika semua persyaratan dan kelengkapan sudah siap, akan kita bor untuk membuktikan potensi sumur itu,” ungkap Sukartono Sukimin.

Untuk persiapan pengeboran sumur ini, tambah dia, pihaknya telah mempersiapkan segala sesuatunya sejak tahun 2006 lalu. Bahkan pemerintah pusat melalui BP Migas juga telah menyetujui, termasuk anggaran untuk melakukan pengeboran juga telah disiapkan.

“Keuntungan lainnya, jika sumur di Pandanwangi dieksploitasi tidak butuh fasilitas pendukung lain. Sebab lokasinya yang dekat dengan Sumur Mudi, bisa memanfaatkan fasilitas di Mudi,” paparnya.

Untuk kepentingan itu, pihaknya berharap dukungan banyak pihak agar semua proses pengelolaan sumur baru tersebut berjalan lancar. Apalagi saat ini produksi minyak di tanah air sudah mulai berkurang, sehingga butuh sumur baru untuk menopang produksi.

(surabaya.detik)

Iklan

Diskusi

One thought on “Deposit Minyak PetroChina di Tuban Menyusut

  1. kenapa sih yg diberi kesempatan kerja hy wil.campurejo dan mulyo agung padahal banjarjo seperti sy ini jg dekat jg sama2 putra daerah tpi sama sekali tdk diberi kesempatan,ini tidak adil……mhon balasanyya ke email saya

    Posted by chris hestian dilaga | 10 Mei 2010, 14:26

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: