//
you're reading...
Khas Tuban, Tayub

Tayub

Tayub merupakan salah satu kesenian tradisional Tuban dan merupakan peninggalan dari budaya leluhur yang telah memasyarakat secara turun menurun. Penari Tayub biasanya terdiri dari 2 orang sampai dengan belasan penari.

Sinden Tayub

Sinden Tayub

Yang unik dari tarian ini adalah ikut sertanya para penontong untuk menari bersama dengan penari Tayub. Acara akan semakin ramai dan hangat ketika penari Tayub atau yang sering disebut sindir menyanyikan gending-gending (lagu) yang sedang in dan digemari oleh penononton, sehingga akan banyak penonton yang turut serta menari dengan gerakan tari yang mereka bisa lakukan.

Sindir atau Tayub biasanya selalu memenuhi keinginan penonton dengan melantumkan lagu yang di minta oleh para penonton. Tarian ini biasanya diselenggarakan untuk memeriahkan acara perrnikahan, khitanan, atau acara keluarga lainnya. Acara berlangung selama 24 jam atau bahkan sampai dua hari, tergantung dari kemampuan penanggap atau penyewa tarian tersebut.

Sindiran atau Sindir juga biasa dilakukan di pinggir-pinggir pertigaan gang yang tentu saja jarang dilalui oleh kendaraan bermotor, biasanya Sindiran ini diadakan oleh para tukan becak yang ada di sekitar kota Tuban. setelah seharian mereka bekerja, malam harinya mereka berkumpul untuk menonton Sinden yang cantik-cantik sambil menikmati “TUAK” atau arak khas kota Tuban.

(students.ukdw)

Diskusi

One thought on “Tayub

  1. mas …. isih kelingan gendhing tayub tuban judule “toak Tuban” ra?? (aku kangen banget akro gendhinmg kuwi je mas…lak isih simpen, tolong share filenya mas….suksma

    Posted by uwenk | 26 Juni 2011, 21:03

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: