//
you're reading...
kabar tuban, Klenteng

Pemilu Klenteng Kwan Sing Bio

Umat Tempat Ibadah Tri Darma (TITD) Kwan Sing Bio Tuban akan memulai pemungutan suara pemilihan pengurus/penilik pada Kamis (5/3). Agar teknis pemungutan suara tidak tumpah tindih dengan pemilihan legilatif (pilleg) yang hanya terpaut sekitar satu bulan, panitia pemilihan pengurus/penilik kelenteng membuat aturan main yang berbeda.

Kalau pilleg mencontreng gambar parpol dan caleg, pada pemilu kelenteng, umat harus mencoblos nomor calon. Ketua panitia pemilihan pengurus/penilik kelenteng, Agoes Setiono alias Tio Thay Yang mengatakan, panitia sengaja membuat aturan teknis pemilu di kelenteng berbeda dengan pilleg. Dia khawatir kalau teknis pemilihan pengurus/penilik sama dengan pilleg, umat jadi bingung.

Agoes menegaskan, untuk menyampaikan teknis pemilu kepada umat yang memiliki hak pilih, pengurus tidak perlu sosialisasi dan simulasi seperti dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Menurut dia, teknis tersebut cukup disampaikan kepada umat melalui surat pemberitahuan. Untuk memperjelas, dalam surat pemberitahuan tersebut juga dilampirkan spesimen (contoh) surat suara berikut petunjuk teknis bagian mana yang harus dicoblos.

Teknis pemberian hak suara dengan mencoblos memang baru. Dalam pemilu kelenteng periode sebelumnya (2005), pemilih memberikan tanda contreng, melingkari, atau menyilang pada nomor calon pengurus/penilik. Agoes lebih lanjut mengatakan, dalam pemilihan pengurus/penilik kali ini, dari 531 umat

yang memiliki hak suara hanya 484 orang. Mereka yang memiliki hak suara hanyalah umat yang benar-benar berdomisili di Tuban. Itu dibuktikan dengan kartu anggota umat, kartu tanda penduduk (KTP), dan kartu susunan keluarga (KSK).

Seperti diberitakan, pemilu kelenteng tersebut untuk menentukan 15 kursi
pengurus dan 5 kursi penilik. Dua kursi tersebut diperebutkan 20 calon pengurus dan 6 calon penilik.

(radarbojonegoro)

Diskusi

2 thoughts on “Pemilu Klenteng Kwan Sing Bio

  1. Hasil pemilu-nya gimana?

    Posted by Zhang | 10 Maret 2009, 19:29

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: